6 Misteri Otak Manusia Yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkan

Seperti judulnya,disini saya akan mengulas mengenai beberapa misteri otak manusia yang belum terpecahkan.Salah satu bagian tubuh manusia ialah otak,karena otak ini kita bisa melakukan segala hal,menulis,berlari,makan,dan minum semuanya dikendalikan oleh otak manusia.Disamping itu otak manusia telah diteliti oleh para peneliti maupun ilmuwan di seluruh dunia,dan semakin lama para peneliti semakin memahami tentang otak manusia,cara kerja otak,sistem navigasi,keanehan-keanehan yang ada pada otak.
Tetapi taukah kalian,sebenarnya masih banyak misteri-misteri mengenai otak manusia ini,bahkan beberapa diantaranya sangat sulit untuk dipecahkan sehingga masih menjadi tanda tanya sampai sekarang meskipun otak kita telah diteliti dari ratusan tahun yang lalu hingga sekarang.

Dan inilah 6 Misteri Otak Manusia Yang Sampai Sekarang Belum Terpecahkan:

1. Kemampuan Kesadaran

Saat bangun di pagi hari, kita tersadar dari tidur. Menikmati sinar matahari dari celah jendela, udara pagi nan sejuk, dan seterusnya. Kita menyebutnya sebagai kesadaran. Bidang ini memicu topik majemuk yang dibahas ilmuwan sejak zaman dulu. Pakar neurologi mutakhir menjabarkan kesadaran sebagai suatu topik riset realistis.


2. Hidup Abadi

Hidup abadi memang hanya ada dalam khayalan manusia. Namun ilmuwan telah menemukan cryonic, temuan yang mampu membuat manusia memiliki dua kehidupan. Salah satu pusat cryonic adalah Alcor Life Extension Foundation, di Arizona, yang menyimpan tubuh mahluk hidup dalam tabung berisi nitrogen cair dengan suhu minus 320 fahrenheit.

Idenya adalah manusia yang sudah meninggal akibat penyakit akan dicairkan dan dihidupkan kembali di masa mendatang saat penyakit itu sudah bisa disembuhkan. Jenazah Ted Williams, pemain baseball kenamaan disimpan di sini. Karena teknologinya belum ditemukan, maka penghidupan kembali belum dilakukan, namun tubuhnya sudah dilelehkan dengan suhu yang tepat sehingga sel selnya membeku dan memecah.


3. Misteri Tentang Kematian

Bagaimana manusia menjadi tua? manusia terlahir dengan mekanisme tubuh yang mampu bertahan dari penyakit. Itu sebabnya luka bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Tapi seiring dengan bertambah usia, mekanisme itu menurun. kenapa bisa begitu? Ada dua teori penjelasannya. Pertama, penuaan adalah bagian dari genetika manusia. Kedua, penuaan adalah hasil dari sel sel tubuh yang rusak.


4. Alam vs Asuhan

Perdebatan tentang pikiran dan kepribadian manusia masih berkutat antara dua hal di atas. Kepribadian dan pemikiran manusia dikatakan dikontrol oleh gen atau lingkungan? Atau bisa jadi keduanya? Masih belum ada kesepakatan di kalangan ilmuwan tentang hal ini.


5. Pemicu Otak

Tertawa adalah hal yang paling sedikit dipahami dari perilaku manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa selama tertawa, ada tiga bagian otak yang terlibat. Pertama, bagian yang berpikir sebelum kita memahami suatu gurauan. Kedua, area yang bergerak untuk memberitahu otot kita untuk melakukan sesuatu.

Lalu sebuah area emosional yang menggugah perasaan geli. John Morreall, ilmuwan peneliti humor dari College of William and Mary, menemukan bahwa tertawa adalah respon bermain atas kisah yang tidak sesuai dengan harapan. Tertawa juga mampu menular pada orang lain.


6. Daya Ingat

Beberapa pengalaman sulit dilupakan, sebaliknya kita justru kerap melupakan hal-hal penting. Bagaimana itu bisa terjadi? menggunakan teknik pencitraan otak, ilmuwan menemukan adanya mekanisme yang bertanggungjawab pada penciptaan dan penyimpanan memori. Mereka menemukan hippocampus dan materi abu abu otak yang berperan sebagai kotak memori. Tapi mengapa ada memori yang mudah diingat dan dilupakan, masih tetap jadi misteri.

No comments:

Post a Comment